Blog Ini Berbagi Buku Yang Telah Aku Baca

Wednesday, April 28, 2010

Merek

Merek, sebenarnya ini lah yang sangat penting dalam sebuah permulaan, karena merek adalah penamaan akan sesuatu hal, entah itu barang, entah itu jasa, atau penamaan akan suatu tempat, wilayah, atau teritorial tertentu, pada dasarnya semua barang adalah merek: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, coca cola, atau sandal? Ya itu merek, mereka menamakan diri mereka sendiri dengan karakteristik yang menyempit untuk menunjukan asosiasi yang melekat pada penamaan atau pemerekan tersebut.
Merek yang hebat dapat berfungsi lebih: memberi warna dan getaran pada produk atau jasa yang dihasilkan. Sebuah jeruk adalah tetap sebuah jeruk . . . adalah sebuah jeruk. kecuali jeruk itu adalah sunkist suatu nama yang dikenal dan dipercaya oleh 80% pemakan jeruk.


Seluruh bangunan pabrik dan fasilitas Coca-cola bisa saja terbakar besok pagi,,tapi anda akan sulit menyentuh nilai perusahan sebenarnya, semua terletak pada goodwill, dan di miliki frenchise merek kami dan pengetahuan kolektif yang dimiliki oleh perusahaan kami.

Nama dan trademark kami adalah aset kami yang paling berharga. Orang bodoh sekalipun dapat menjual barang, tapi dibutuhkan seorang jenius, keyakinan, dan kerja keras untuk menciptakan sebuah merek.

Merek adalah gudang penyimpan kepercayaan yang semakin penting peranannya seiring dengan mningkatnya jumlah pilihan yang dihadapi masyarakat, sebenarnya yang diinginkan masyarakat adalah membuat hidup mereka menjadi mudah dan sederhana.

Merek yang hebat adalah jalan satu-satunya untuk mempertahankan laba di atas rata-rata secara terus menerus. Dan merek hebat juga menghasilkan keuntungan emosional, bukan hanya keuntungan yang bersifat rasional.

Merek tidak seharusnya mati, tapi mereka bisa terbunuh. Dan drakula-drakula marketing akan menghisap habis darahnya. Merek selama ini dijual murah, dianggap remeh, dibarter, dan dianiaya. Yang kita lakukan selama ini adalah bukan mengelola merek sebagai suatu aset, tapi memaksa merek untuk bunuh diri dengan cara melukai diri sendiri lewat permainan harga dan transaksi yang berlebih-lebihan.

Merek adalah kunci dasar untuk mengidentifikasi suatu produk, perusahaan harus menginfestsikan dana mereka untuk riset merek, tidak bisa kita pungkiri merek merupakan kunci sukses dalam penamaan.

Marketing Insight From A to Z by Philips Kotler

No comments:

Post a Comment